Senin, 13 April 2015

3 Unsur Cinta Menurut Sarwono


Unsur Cinta Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono

 

Betapa hidup akan lebih bermakna ketika kita bisa menempatkan cinta pada jalan yang semestinya.

 Berikut akan saya jelaskan mengenai apa itu cinta.

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang sangat kuat dan ketertarikan pribadi. Menurut filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, Perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya mengatakan bahwa, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Pengertian tentang cinta juga dikemukakan oleh Dr Sarlito W. Sarwono. Dikatakannya bahwa cinta memiliki beberapa unsur, yaitu :

1. Keterikatan

Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritasnya untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dia. Kalau janji dengan dia harus ditepati dan uang sedikit beli oleh-oleh untuk dia.

            Contoh ketertarikan: Seorang sedang lelaki yang sedang berjuang untuk menjadikan seorang wanita yang dia inginkan untuk menjadi tambatan hatinya. Lelaki itu akan berusaha keras demi si wanita itu menjadi miliknya seperti memberikan perhatian bahkan memberikan apapun yang diminta oleh wanita itu.

2. Keintiman

Yang dimaksud dengan keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.

            Contoh Keintiman: Hal ini biasanya terjadi pada seorang kekasih. Atau pasangan suami istri.

3. Kemesraan

Sedangkan yang dimaksud dengan kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ungkapan-ungkapan rasa sayang dan sebagainya.

            Contoh kemesraan: Hal ini juga banyak terjadi pada pasangan kekasih atau pada pasangan suami istri.

 
Dr Sarlito W. Sarwono mengemukakan, bahwa tidak semua unsur cinta itu sama kuat. Kadang-kadang ada yang keterikatannya sangat kuat, tetapi keintiman dan kemesraannya sangat kurang. Cinta yang seperti itu mengandung kesetiaan yang amat kuat. Kecemburuannya besar, tetapi dirasakan oleh pasangannya sebagai dingin atau hambar, karena tidak ada kehangatan yang ditimbulkan kemesraan dan keintiman. Selain pengertian yang diungkapkan oleh Dr Sarlito W. Sarwono, lain halnya pengertian cinta yang dikemukakan oleh Dr. Abdullah Nasih Ulwan, dalam bukunya manajemen cinta. Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut dan kasih sayang.Cinta itu fitrah manusia yang murni, yang tak dapat terpisahkan dengan kehidupannya. Ia selalu dibutuhkan. Jika seseorang ingin menikmatinya dengan terhormat dan mulia, suci dan penuh taqwa, tentu ia akan menggunakan cinta itu untuk mencapai keinginan yang suci dan mulia pula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar