Senin, 22 Juni 2015

Rasa Tanggung Jawab

Rasa Tanggung Jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai mahluk susila, dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya.Terkait rasa tanggung jawab, sebaiknya manusia melandasi anggapannya dengan mengakui kenyataan bahwa mansuia dalam hubungan yang sempit dan luas memerlukan satu sama lain untuk mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang dirasanya baik dan menunjang eksistensi dirinya. Rasa tanggung jawab kemdudian berkembang bukan hanya pada tataran personal, namun selalu dikaitkan dengan hubungan dengan orang lain, sehingga dapat dibuat dalam sistem bahkan hukum pidana. Seseorang yang terhubung dengan pihak-pihak lain tidak bisa lepas dari rasa tanggung jawab yang melekat pada dirinya. 

Tanggung jawab terhadap diri sendiri. Saya anak perempuan. Tanggung jawab apakah yang harus saya lakukan sebagai seorang wanita? Yaitu dengan menjaga kehormatan saya,menjaga diri saya dari hal-hal yang akan mengganggu saya,dan lainnya. Kemudian tanggung jawab kepada orang tua yaitu, sebagai seorang anak tentu saja saya memiliki banyak tanggung jawab. Ketika orang tua sudah menyekolahkan saya dibangku kuliah tanggung jawab yang harus saya lakukan adalah belajar dengan sebaik-baiknya, kemudian lulus kuliah tepat waktu, dan sukses dikemudian hari. Itu semua adalah tanggung jawab yang harus saya lakukan.  Dan yang terakhir adalah tanggung jawab terhadap lingkungan bermasyarakat. Dengan cara mengikuti serta mentaati semua peraturan dan norma-norma yang ada didalam masyarakat itu sendiri. Itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat. 

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar