Senin, 09 Maret 2015

Budaya dan Globalisasi


PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar
Pada umumnya Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari sebuah dasar dasar kebudayaan, namun jika untuk mengingat terlalu sulit bisa di ambil intinya saja. Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian  umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

 

Di era globalisasi seperti sekarang ini sangat penting mempelajari ilmu budaya dasar,mengapa?

Karena arus globalisasi menimbulkan pengaruh besar terhadap perkembangan budaya bangsa Indonesia. Derasnya arus informasi dan telekomunikasi ternyata menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya nilai-nilai pelestarian budaya. Budaya indonesia yang dulunya ramah-tamah, gotong-royong,dan sopan berganti menjadi budaya barat.

 Hilangnya tata krama dan kesopanan terhadap yang lebih tua hal-hal seputar cara berpakaian,mode pakaian barat cenderung terbuka sedangkan budaya lokal yang notabene daerah timur masih menerapkan kesopanan dalam berpakaian. Tapi lama kelamaan cara berpakaian barat itu mulai diterapkan oleh kebudayaan lokal, terutama di daerah metropolitan seperti Jakarta. Juga seperti pergaulan bebas yang sedang gencar-gencarnya terjadi di kalangan anak remaja jaman sekarang disebabkan karena  nilai-nilai agama sudah mengalami pergeseran karna terjadi perubahan sikap yang condong berkiblat ke budaya barat.

Sebab itulah mengapa kita harus mempelajari ilmu budaya dasar supaya kita dapat memegang erat kekayaan budaya lokal yang kita miliki. Dan untuk menghindari hal-hal negatif akibat akulturasi diperlukan kesadaran diri sendiri dan lingkungan agar dapat menyeleksi mana yang baik dan mana yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar